Rabu, 06 November 2013

Godong Ijo


Saatnya Memancing!

Hari Selasa lalu, 5 November, tanggalnya berrwarna merah. Hmmm, itu berarti… libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore, hore, hore! Eh… malahan nyanyi lagunya Tasya hehehe!

I
ya nih, abisnya terlalu senang! Soalnya beberapa hari sebelum Hari Selasa itu, Bapak bertanya sama aku, “Rhandy pilih mana… mau ke Pameran Buku atau ke tempat pemancingan?” Uuu… aku pasti jawab ke pemancingan dong. Aku kan belum pernah mancing. Jadi pengen tahu seperti apa sih rasanya mancing ikan itu?

Nah, di hari yang ditunggu-tunggu itu… aku sudah siap dengan kaos sepak bola putih-hitamku, celana selutut warna biru-putih, topi hitam putih dan sepatu putih (matching kan?). Hehe, biarpun tujuannya mau mancing, gapapa kan pakai kaos bola? Soalnya kaos bola itu kan kainnya dingin. Aku bayangkan tempat memancing itu mungkin gerah, di alam terbuka, terus… mungkin aku akan sering-sering duduk di tanah atau rerumputan. Mungkin….

Mama juga udah siap. Mama sih lebih banyak menyiapkan perbekalan makanan dan minuman. Ya, seperti biasa lah. Mama masukkin roti kupas sama selainya, roti bagelen juga, terus beberapa botol air mineral... kalo lapar kan tinggal LEPPP... haus tinggal GLEK. Bawa baju ganti juga… ya siapa tahu aku bajunya ketumpahan apaaa gitu.

Bapak? Oh, Bapak juga udah siap. Bapak sudah siap pakai T-shirt POLO hitam yang ada tulisan Dewa Ruci-nya (ah… tapi waktu pas nyampe sih ganti baju yang kaos abu-abu… tulisannya apa tuh?). Trus… topi yang ada tulisan COMMANDO, sama celana pendek abu-abu yang waktu itu beli di Bali. Dan juga kacamata item. Bapak itu mau mancing aja pake kacamata item, ya? Nanti ikannya gak keliatan dong!

Oh, ya… aku ceritanya langsung menuju ke tempat pemancingan saja ya? Baiklaaah, tempat pemancingan yang dituju namanya GODONG IJO. Letaknya di Jalan Raya Cinangka No. 60 Bojong Sari Sawangan, Depok.

Pertama kali aku memasuki Godong Ijo, suasananya seperti di mana ya… serasa memasuki hutan atau kawasan alam (atau mungkin… seperti di WALE! Hahaha… itu sih tempat makan mi yamin bakso kesukaanku di Cigadung). Sambil Bapak menjalankan mobilnya perlahan untuk mencari tempat parkiran, aku lihat-lihat ada petunjuk-petunjuk jalan… ada tulisannya: Kolam Ikan Koi, Kolam Ikan Alligator, Kolam Arapaima Gigas. Lalu ada juga Ular  Phyton Albino, dan heiii… ada kura-kura raksasa yang mirip dengan kura-kura Galapagos! Wah, boleh juga nih…

Setelah dapat tempat parkiran, aku, Mama dan Bapak cepat-cepat ke tempat pemancingan. Supaya dapat tempat yang pas. Kulihat orang-orang sudah berdatangan. Ada yang membawa alat pancingan sendiri. Tapi kalau aku sih nyewa aja. Aku, Mama dan Bapak kan pemula. Trus umpan untuk di kailnya juga beli aja, harganya murah cuma Rp. 10.000. Kata abangnya umpan itu ramuan dari sarden sama tepung roti. Hmmm… aku cium-cium bau amisnyeuuu… mungkin untuk ikan-ikan itu serasa Pizza rasa Tuna Melt kali ya? 






Yeaaay! Aku Dapat Ikan!

A
syik dapat dua alat pancingan! Satu untuk aku, satu untuk Bapak. Mama sih nanti pinjam saja punya aku atau Bapak. Mama sih lebih senang motret-motret aku sama Bapak, sambil duduk-duduk di rakit menikmati pemandangan, atau bolak-balik dari rakit ke luar arena pemancingan. 

Eh, coba tebak siapa… yang duluan dapat ikan? AKUUU!!! Yeyeyeyeyeye! Aku dong dapat duluan yeyeye! Hahaha! 





Awalnya dibantuin sama petugasnya. Tapi lama-lama aku mulai mencoba sendiri. Cara memegang alat pancingnya itu… gimana, ya… aku agak susah menjelaskannya. Seingatku, ada kokang yang harus dipindahkan letaknya, kebawahin dulu. Udah gitu tali pancingannya diayun kiri-kanan. Trus syu…uut lempar talinya ke arah danau. Lalu, kokangnya balikkin lagi, di keatasin lagi supaya terkunci.


Begitu terlihat pelampungnya gerak-gerak, mungkin udah ada ikannya tuh… tariiik sekali saja dan segera putar deh mesin pemutar yang dekat kokangnya, ke arah depan. Huffft, yang baca pasti pusing deh hahaha! Pokoknya gitu deeeh hihihi…


Kalau memasang umpannya sih gampang... diambil secuil terus dibentuk-bentuk kayak kapsul deh di kailnya. Agak bau sih, tapi seru hehehe! 

Cara melepas ikan dari kailnya?  

Benang yang dekat bibir ikan itu dipotong aja… KREK, pakai tang. Harus hati-hati, lho… kalau kail kawatnya menancap di jari… aduh bisa terluka. Bapak aja kena ujung kail tuh. Nojosss.





EH kita lihat yuk hasil perolehan ikan. Kira-kira berapa yaaa yang didapat Rhandy, Bapak dan Mamaaa? 

Waaaah, lumayan juga ya! 

Eh, tapi lagi asyik-asyiknya mancing… tiba-tiba ada segerombolan ibu, anak, dan bapak yang ikut naik di rakitku. Eh, sepertinya mereka itu diam-diam merebut tempat mancing aku. Hmmm, di mana-mana ada saja orang yang seperti itu, ya? Malesiiin… masa mancingnya jadi berdesak-desakan kayak di busway aja hihihi!




Ya, udah deh udahan aja, lagi pula hari sudah mulai siang dan ikannya sudah cukup banyak… ada 7 ekor! Setelah ditimbang ternyata beratnya 1,86 kilogram. Harganya jadi sekitar… 50 ribuan. Habis itu, Mama minta ke petugas di situ untuk bersihin ikannya. Supaya sampai rumah tinggal dicuci ulang, dikasih bumbu dan tinggal digoweng gawing deh! Kriuk… nyam, nyam, nyam!

Eh, aku jadi juga loh… melihat kura-kura raksasa! Memang bentuknya seperti kura-kura Galapagos. Tapi sayang, kura-kuranya sedang ada di dalam kandang. Jadi fotonya kurang jelas. Ummm, aku lihat dia lagi dikasih makan kacang panjang oleh anak-anak kecil. Di atas kandangnya, ada juga ubi. Ternyata kura-kura suka ubi juga, ya?


Setelah itu, aku juga melihat Ikan Arapaima dan Ular Phyton. Eh saat di sini aku ketemu temanku Rafi dan Bunga, tetanggaku.




Hoaahmmm, jadi ngantuk campur laper ah. Udah dulu ya ceritaku… kan ceritanya aku mau makan bakso dulu, terus makan ikan deeeh!!!(Mama)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar